Cara Mengurus Pendirian PT di Mojokerto

Kamu membutuhkan gambaran tentang perizinan pendirian PT di Mojokerto? 

Tidak perlu bingung mencari ke mana-mana. Saya akan mencoba memberikan gambaran pada kamu mengenai tahapan yang perlu dilalui dalam pengurusan pendirian PT di Mojokerto. Penasaran? Tidak perlu menunggu lama lagi, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Menyiapkan Persyaratan Data Yang Dibutuhkan Untuk Mendirikan PT

Sebelum masuk ke dokumen pertama yang perlu dibuat, pendirian PT akan sangat membutuhkan banyak persyaratan data. Persyaratan data ini yang perlu anda persiapkan lebih dahulu sebagai langkah pertama.

Semua persyaratan data ini lebih baik anda siapkan di awal, jadi dalam proses pengajuan izin pendirian PT di Mojokerto nantinya, anda sudah tinggal menggunakannya saja.

Macam-macam data yang dibutuhkan antara lain adalah nama PT, alamat atau lokasi PT, tujuan PT, modal dan sumber permodalan PT, serta siapa saja pengurus PT tersebut. Seluruh informasi ini biasanya harus diurus secara terpisah-pisah juga.

 

2. Melakukan Pembuatan Akta Pendirian dengan Bantuan Notaris

Kamu kemudian juga bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya dalam pengurusan izin pendirian PT di Mojokerto ini. Pastinya setiap pendirian PT perlu dibuat akta pendiriannya.

Akta pendirian PT ini harus dibuat di notaris, layaknya sebuah dokumen dengan kekuatan hukum. Semua informasi yang sudah disiapkan pada langkah pertama sebelumnya, akan diminta oleh notaris pada tahapan ini.

Tentunya ada biaya yang harus dibayarkan dalam pembuatan akta pendirian di notaris ini. Biasanya biaya ini juga yang menjadi biaya yang paling besar dalam proses pendirian PT.

Kamu bisa menghemat biaya ini dengan menggunakan jasa perizinan usaha Mojokerto dari  Pop Jasa saja. Kami sudah berpengalaman menangani lebih dari 10.000 klien dan bisa mengurus akta pendirian PT ke notaris yang sudah bekerja sama.

3. Mengesahkan Akta Pendirian Yang Mendapatkan SK Menteri Terkait Pendirian PT

Jika akta pendirian PT kamu sudah selesai dibuat, kamu kemudian bisa melanjutkan ke tahapan ketiga dengan mengajukan pengesahaannya ke Menteri Hukum dan HAM. Pengesahan ini akan memberikan kamu SK Menkumham yang berisi bahwa memang PT kamu telah lahir sebagai sebuah badan hukum dan sudah diakui juga kedudukannya oleh Negara. 

Ini yang menyebabkan PT dikenal juga sebagai badan hukum usaha yang resmi dan sah. Proses untuk mendapatkan pengesahaan ini biasanya diajukan melalui permohonan ke Menteri Hukum dan HAM.

Namun alternatif untuk memudahkan kamu, cobalah gunakan jasa perizinan usaha Mojokerto yang ditawarkan oleh Pop Jasa yang telah dipercaya pengalamannya.

 

4. Melakukan Pengurusan Surat Keterangan Domisili Perusahaan di Kantor Kelurahan

Masuk ke tahapan berikutnya, kamu juga harus mengurus surat keterangan domisili perusahaan atau yang dikenal dengan nama SKDP. SKDP ini diperlukan untuk menyatakan secara resmi di mana lokasi dan alamat PT kamu.

Pengurusannya dilakukan di kantor kelurahan sesuai domisili perusahaan kamu yang terdaftar pada akta pendirian. Apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus SKDP ini di Kelurahan?

Dibutuhkan beberapa dokumen persyaratan, seperti akta pendirian PT, KTP pemilik, hingga surat pengantar dari RT dan RW untuk mengurusnya. Untuk di Sidoarjo, kamu juga perlu memeriksa peraturan daerah apakah rumah bisa dijadikan alamat untuk sebuah PT secara resmi atau tidak seperti di daerah lainnya.

5. Melakukan Pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan

Kamu berikutnya juga bisa melakukan pembuatan NPWP Perusahaan. Dokumen yang satu ini juga menjadi salah satu dokumen resmi yang sangat penting untuk kebutuhan administrasi perpajakan.

Tentunya sebuah PT tidak akan membayar pajak usahanya hanya dengan menggunakan NPWP Pribadi direksinya. Oleh karena itu, perlu dibuat secara terpisah NPWP Perusahaan atau PT kamu.

Bagaimana cara membuatnya? Tentu bisa dilakukan dengan cara yang sama dengan pembuatan NPWP individu. Silahkan siapkan beberapa syarat pembuatan NPWP dan ikuti semua tahapannya. Selain kartu dan nomor NPWP, kamu juga akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKT Pajak). Hasilnya akan memudahkanmu untuk menjalankan kewajiban membayar pajak.

6. Mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Perusahaan

Kamu kemudian juga perlu mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari PT yang kamu dirikan. SIUP ini juga menjadi salah satu dokumen resmi yang menjadi bukti bahwa jenis usaha barang atau jasa yang kamu lakukan telah mendapatkan izin.

Sekaligus dalam pengurusan SIUP, kamu akan mendapatkan juga pengkategorian dari pemerintah mengenai kategori usahamu. Ada empat jenis kategori SIUP yang akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Jenis SIUP tersebut mencakup SIUP mikro, kecil, menengah, hingga besar.

Jadi sesuai dengan klasifikasi dari SIUP tadi, bidang usahamu akan mendapatkan izin usahanya. Jika ada cabang usaha lainnya, maka satu PT bisa memiliki lebih dari satu SIUP.

7. Mengurus Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Sudah memasuki beberapa tahapan akhir dalam pengurusan izin PT di Mojokerto, kini kamu bisa melakukan pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). TDP ini merupakan catatan yang sah terkait apa saja hal yang wajib didaftarkan oleh sebuah perusahaan dan pengesahannya.

Jadi perusahaan yang kamu dirikan yang berupa PT, harus membuat TDP ini mau tidak mau. Seluruh proses pembuatannya bisa dilakukan di Kantor Walikota. Jadi silahkan datangi kantor walikota di daerah Mojokerto dan ikuti seluruh prosedurnya untuk mendapatkan TDP kamu.

Jika sudah, kamu berarti sudah memiliki PT yang terdaftar resmi dan memiliki berbagai dokumen legalitas yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan usahanya.

8. Membuat Sertifikat BPJS Ketenagakerjaan untuk Seluruh Karyawan

Tambahan tahapan pengurusan izin PT Mojokerto di tahun 2020 adalah dibutuhkannya sertifikat BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki perusahaan. Atau dengan kata lain, seluruh karyawan dalam usaha kamu harus memiliki jaminan BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi seluruh karyawan di PT kamu harus sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan dan seluruh pengurusannya dilakukan oleh perusahaan. Pertanyaannya apa persyaratan untuk pembuatannya?

Syarat-syarat yang dibutuhkan antara lain adalah fotokopi SIUP, fotokopi NPWP Perusahaan, akta pendirian PT, fotokopi KTP karyawan, fotokopi KK karyawan, dan pas foto msing-masing karyawan.

Semua persyaratan tersebut harus diajukan ke BPJS Ketenagakerjaan dan dilakukan pembayaran iurannya untuk mendapatkan sertifikat kepersertaan BPJS Ketanagakerjaan.

Ingin Mendirikan PT? Gunakan Saja Jasa Perizinan Usaha Mojokerto Untuk Urus Izin Pendirian PT Kamu!

Sudah mengetahui semua tahapan pembuatan perizinan PT di Mojokerto, pasti akan membuat kamu bisa menggambarkan betapa banyaknya waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan hingga selesai.

Lebih baik untuk kamu yang ingin lebih mudah membuatnya, gunakan saja jasa perizinan PT Mojokerto dari Pop Jasa yang sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia lebih dari 10.000 klien.

Jadi jangan ragu lagi dan segera gunakan jasa perizinan usaha Mojokerto dari Pop Jasa saja.

Silahkan segera menyiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan dan hubungi Pop Jasa jika membutuhkan bantuan pengurusan perizinan kamu ya!

Untuk info dan order hubungi

OFFICE POP JASA ( Solusi Perizinan Usaha Anda ) :

Alamat : Jl. Raya Meri no. 456 Kota Mojokerto ( Depan Alfamart Meri 2 ) 

WhatsApp 0822-4591-9975 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× KONSULTASI SEKARANG